Header

Liputan6

Team Jaguar: Siang Jaga Bank, Malam Jadi Jaguar


NasionalDEPOK - Keberadaan Team Jaguar belakangan marak diperbincangkan masyarakat, khususnya di dunia maya. Hal itu terjadi menyusul tindakan mereka yang membubarkan aksi sebuah ormas yang hendak melakukan sweeping geng motor di wilayah Depok.

Team Jaguar adalah sebuah unit khusus yang ada di Polresta Depok. Tim ini diketahui dibentuk pada akhir tahun 2014. Jaguar sendiri merupakan akronim dari Penjaga Gangguan dan Anti Kerusuhan, mengacu pada tugas utama tim ini.

Sejak dibentuk sampai dengan saat ini, Team Jaguar dikomandoi oleh Inspektur Satu Winam Agus.

Saat ditemui majalahmandiri.com di kantornya pada Senin (29/5/2017), Winam menceritakan banyak hal tentang tim yang dipimpinnya itu.

Winam mengatakan bahwa pada awalnya Team Jaguar adalah sebuah tim yang terdiri dari para polisi yang berasal dari berbagai kesatuan, dari mulai Intel, Reskrim, Sabhara, Provost, hingga staf yang bertugas di bagian administrasi di Mapolresta Depok. Meski demikian, setiap anggota Team Jaguar dilatih kemampuan yang sama dalam hal tempur jarak dekat dan teknis penggerebekan.

Team Jaguar diketahui hanya bertugas pada malam hari, tepatnya dari pukul 23.00-06.00 WIB. Sehingga pada siang hari, seluruh anggota tim kembali ke kesatuan dan tugasnya masing-masing.

"Ada yang dinas di bank. Siang jaga bank, kalau malam jadi Jaguar," kata Winam.

Menurut Winam, menjalani tugas sebagai anggota Team Jaguar merupakan tugas sukarela dan pengabdian lebih. Karena selain tugas rutin, Team Jaguar juga harus siap dibutuhkan kapan saja.

"Kalau kami lagi tidak patroli rutin, kami kembali ke kesatuan masing-masing. Tapi ketika pimpinan memerintahkan kumpul, kita tinggalkan unit dan berkumpul dalam formasi Jaguar," ucap Winam.

Winam mengatakan saat ini Team Jaguar beranggotakan 17 orang. Tugas rutin di luar panggilan darurat adalah empat kali dalam seminggu.

Alasan Team Jaguar hanya bertugas pada malam hari karena waktu itulah yang ditengarai rawan terjadinya kekerasan yang terkait tugas Team Jaguar.

"Sekarang fenomena anak-anak berantem itu jam 03.00-04.00. Bukan jam 22.00-23.00. Orang tua lagi nyaman tidur, mereka keluar," ucap Winam.


 AGEN SBOBET

Team Jaguar: Siang Jaga Bank, Malam Jadi Jaguar Team Jaguar: Siang Jaga Bank, Malam Jadi Jaguar Reviewed by Majalah Sbobet on Senin, Mei 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

Inner Post AD