Header

Liputan6

Dalam 10 Tahun, iPhone Telah Mengubah Dunia



SBOBET Indonesia - Tepat 29 Juni 2007, iPhone resmi dirilis ke pasaran. Meski baru memasuki usia 10 tahun, ponsel besutan Apple itu telah banyak mengubah dunia.

iPhone memang bukanlah smartphone pertama yang diciptakan di muka bumi ini. Tapi segenap kemampuannya menyulut tren baru dan memberi inspirasi pada vendor ponsel lain.

Apa saja perubahan yang telah dilakukan iPhone sejak debut perdananya satu dekade lalu?

1. Layar Sentuh
Sepuluh tahun lalu, ponsel masih didominasi tombol keyboard fisik. Setelah iPhone lahir, tren tersebut tergantikan. Ponsel dibuat dengan layar penuh dan sentuh, tombol keyboard dibuat virtual. Ada pun tombol fisik di bagian depan hanya untuk home, back dan multi tasking.

2. Membawa Internet Dalam Kantung
Ketika Steve Jobs pertama kali meluncurkan iPhone, ia menggambarkannya sebagai "sebuah ponsel revolusioner," "iPod layar lebar dengan kontrol sentuh" dan "Terobosan perangkat komunikasi Internet."


Dan benar saja, saat ini banyak orang mengakses internet lewat ponsel. Bahkan kini panggilan suar mulai tergantiikan dengan telpon berbasis data.

3. Fotografi Bagian dari Kehidupan
iPhone bisa dikatakan sebagai pemicu hadirnya kamera mumpuni di ponsel. Kondisi itu membuat fotografi tidak lagi sekadar hobi, tapi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan adanya media sosial membuat tiap orang giat memposting foto di akunnya.

Tahun ink diperkirakan akan ada 1,2 triliun foto digital yang akan diambil di seluruh dunia. Sebanyak 84% dipotret dari smartphone. Angka tersebut akan meningkat 400 milir pada 2011.

4. Pembuatan dan Distribusi Aplikasi
Sebelum hadirnya iPhone, menginstal aplikasi cukup rumit. Kita harus mengunduh terlebih dulu dari komputer, lalu mengikuti petunjuk yang terkadang sulit untuk menginstalnya ke ponsel.

Untunya Apple berhasil mengubah hal tersebut. Setahun setelah perilisan ponsel pertamanya, raksasa teknologi asal Cupertino itu merilis App Store.

Kehadirannya App Store begitu memudahkan pengguna mendapatkan aplikasi dan menginstalnya. Tapi tidak hanya itu, App Store memberikan peluang bagi para developer untuk mendapat pemasukan.

Tidak heran dari awalnya 500 aplikasi, kini jumlahnya mencapai 2,1 juta aplikasi di App Store. Tercatat, Apple telah membayarkan USD 70 miliar atau USD 931 miliar ke para pengembang dari penjualan aplikasi sejak App Store hadir 2008 silam.


5. Sensor
Accelerometer di iPhone original merupakan sesuatu yang baru bagi pengguna. Inilah kemudian mengilhami vendor lain untuk menyematkan sensor yang sama di ponsel besutannya.

Kini tidak hanya accelerometer yang disematkan, ada banyak sensor lain yang turut pula diberikan, seperti gyroscope dan kompas. Kehadiran banyak sensor di ponsel telah memberikan pengalaman yang menarik bagi pengguna.

6. Orang Jepang
Jepang menjadi salah satu pasar ponsel yang besar. Namun tidak semua vendor ponsel global mampu menaklukannya. Salah satu contohnya Nokia, meski tengah menjadi raja ponsel global, di Jepang mereka hanya bisa menguasai 2% pangsa pasar saja.

Jadi tidak heran muncil asumsi bahwa orang Jepang hanya menyukai perangkat yang dibuat vendor asal Negeri Sakura saja. Tapi anggapan tersebut akhirnya tidak terbukti setelah iPhone lahir. Hanya dua tahun sejak iPhone pertama dirilis, Apple mampu menguasai 72% pangsa pasar ponsel di Jepang.






AFILIASI :
#Bolahero , #MajalahMandiri , #MentariMovie ( Nonton Online Subtitle Indonesia )

Dalam 10 Tahun, iPhone Telah Mengubah Dunia Dalam 10 Tahun, iPhone Telah Mengubah Dunia Reviewed by Majalah Sbobet on Kamis, Juni 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

Inner Post AD