Header

Liputan6

Presiden Trump Tunda Pemindahan Kedubes AS di Israel ke Jerusalem


InternasionalWASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan tak akan memindahkan kedutaan besarnya di Israel ke Jerusalem untuk saat ini.

Seorang pejabat pemerintahan AS yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, Trump sudah menandatangani pembatalan pemindahan kantor kedutaan besar ke Jerusalem.

Meski kedubes AS untuk Israel akan tetap berada di Tel Aviv, pejabat itu mengatakan, keputusan ini hanya sekadar penundaan bukan pembatalan.

"Pertanyaannya adalah kapan (kedutaan besar pindah). Beliau hanya berpikir sekarang saatnya belum tepat," tambah pejabat itu.

Wacana pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv itu mengemuka sejak beberapa bulan terakhir. Trump secara  terbuka mengatakan dirinya mendukung 100 persen, sebagai salah satu bentuk komitmen hubungan baik antara Washington dan Israel.

Menteri Luar Negeri Perancis kala itu, Jean-Marc Ayrault, menyebut rencana pemindahan Kedubes AS ke Jerusalem sebagai sebuah "provokasi".

Ayrault juga menyebutnya sebagai 'ancaman' terhadap upaya mewujudkan solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Masyarakat internasional, termasuk AS, hanya mengakui Tel Aviv sebagai ibu kota Israel dan semua kantor kedutaan asing berada di kota ini.

Namun pemerintah Israel bersikukuh menyebut Jerusalem sebagai ibu kota negeri itu. Pengakuan itu termasuk Jerusalem Timur, yang diklaim Palestina sebagai ibu kota negara masa depan.

Status Jerusalem adalah salah salah masalah paling kompleks dan paling sensitif dari keseluruhan konflik antara Israel dan Palestina.

 AGEN SBOBET

Presiden Trump Tunda Pemindahan Kedubes AS di Israel ke Jerusalem Presiden Trump Tunda Pemindahan Kedubes AS di Israel ke Jerusalem Reviewed by Majalah Sbobet on Jumat, Juni 02, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

Inner Post AD