Header

Liputan6

Rekor Dunia? Harga "Secuil" Tempat Parkir Rp 8,8 Miliar


News Internasional ~ HONG KONG - Harga properti di Hong Kong memang mengalami lonjakan yang amat tinggi, dan mulai menimbulkan masalah sosial dan politik.

Namun, siapa yang menyangka, jika di negara ini pula akan tercatat harga lahan parkir tertinggi di dunia?

Informasi itu tertuang dalam catatan dari Register Tanah Kota, yang dikutip AFP, Rabu (14/6/2017), menyebutkan, sebidang lahan parkir berukuran 17,5 meter persegi terjual dengan harga Rp 8,8 miliar.

Lahan tersebut berada di lantai satu sebuah komplek apartemen mewah yang menghadap laut di sisi barat Hong Kong.

Lahan seluas 17,5 meter persegi itu dibeli oleh Kwan Wai-ming, direktur eksekutif di sebuah perusahaan investasi.

Demikian diberitakan South China Morning Post, yang juga menyebut penjualan tersebut sebagai rekor dunia.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, harga Rp 8,1 miliar dibayarkan untuk sebuah tempat parkir di komplek perumahan mewah lainnya.

Penjualan tersebut terjadi setelah konglomerat Hong Kong membayarkan dana 3 miliar dollar AS, untuk pembelian kawasan di daerah bisnis dan pusat perbelanjaan Hong Kong.

Kini, melambungnya harga properti di Hong Kong memang telah menjadi isu politik.

Usaha kecil dipaksa ditutup karena beban sewa yang melangit. Selain itu, banyak penduduk tidak mampu membeli atau menyewa rumah yang layak.

Hal itu masih terus terjadi, meski ada serangkaian tindakan dari pemerintah untuk meredam lompatan harga properti di Hong Kong.

Harga properti komersial dan residensial melambung akibat masuknya dana dari investor dan pengembang China daratan yang kaya raya.

Sejumlah kritikus menuduh pemerintah memiliki hubungan "dekat" dengan para investor dan pengembang, sehingga lalai memprioritaskan pembangunan perumahan rakyat dengan harga masuk akal.

 AGEN SBOBET

Rekor Dunia? Harga "Secuil" Tempat Parkir Rp 8,8 Miliar Rekor Dunia? Harga "Secuil" Tempat Parkir Rp 8,8 Miliar Reviewed by Majalah Sbobet on Kamis, Juni 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

Inner Post AD