BKSDA Gagalkan Upaya Warga Racuni Harimau yang Makan Ternak

By Angelice Onggi - Senin, Juli 31, 2017



SBOBET Indonesia - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menggiring harimau Sumatera yang memakan lembu milik warga. Harimau tersebut sebelumnya hendak diracun masyarakat dengan menaruh racun pada sisa lembu yang dimakannya.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, mengatakan, petugas BKSDA awalnya menerima laporan dari masyarakat Desa Sukamakmur, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh tentang adanya harimau yang memangsa lembu. Laporan pertama diterima pada Kamis 27 Juli.

"Saya kemudian menugaskan beberapa personel untuk melakukan pengecekan ke lapangan dan mendapati sisa anak lembu yang dimangsa harimau dipasang racun oleh warga dengan tujuan untuk membunuh harimau," kata Sapto kepada wartawan, Senin (31/7/2017).

Mengetahui ada racun pada sisa anak lembu, petugas BKSDA kemudian memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa membunuh harimau merupakan pelanggaran Undang-undang No 5 tahun 1990 dan merupakan tindak pidana. Tim BKSDA selanjutnya meminta warga untuk mengubur bangkai ternak tersebut.

"Petugas juga meminta warga sebaiknya melapor kepada BKSDA jika harimau kembali muncul," jelas Sapto.

Berselang sehari kemudian, tepatnya pada Jumat 28 Juli warga kembali melihat kemunculan harimau. Mereka membuat laporan lagi dan esoknya tim BKSDA dibantu Fauna Flora International (FFI) meluncur ke lokasi.

Tim yang mendatangi lokasi ini juga membawa seorang pawang harimau bernama Syarwani yang juga merupakan pegawai honorer BKSDA. Di sana, ritual pengusiran dilakukan. Selain itu tim juga membantu pembuatan kandang anti serangan harimau dari kawat berduri serta memasang empat kamera trap untuk memantau harimau.

"Ritual mengusir harimau yang dilakukan pawang dengan harapan harimau tidak lagi mengganggu ketenangan warga," ungkap Sapto.





AFILIASI :
#Bolahero , #MajalahMandiri , #MentariMovie ( Nonton Online Subtitle Indonesia )

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar