Header

Liputan6

Apple Pecat Karyawan yang Anaknya Bikin Video Hands-on iPhone X

Brooke Amelia Peterson dipecat karena telah mendokumentasikan produk perusahaan yang belum diluncurkan

 Apple Pecat Karyawan yang Anaknya Bikin Video Hands-on iPhone X

Berita Hari Ini ~ Nama Brooke Amelia Peterson mendadak menjadi viral di awal pekan ini. Peterson mengunggah sebuah video blog di YouTube yang mengisahkan perjalanannya ke Apple Campus untuk mengunjungi ayahnya, yang bekerja sebagai teknisi di sana.

Video itu menjadi viral lantaran Peterson memamerkan smartphone terbaru Apple yang dinanti banyak orang, iPhone X, yang saat ini belum dijual ke publik dan baru tersedia di pasar pada 3 November mendatang. Peterson memperlihatkan dirinya hands-on dengan iPhone X, termasuk menjajal kamera dan fitur baru animoji.

Sayangnya, video tersebut berujung menjadi petaka bagi Peterson dan ayahnya, yang sudah bekerja selama empat tahun sebagai ahli frekuensi radio dan desain sirkuit nirkabel di divisi iPhone.

Apple dilaporkan telah memecat sang ayah karena telah mengizinkan Peterson mendokumentasikan produk perusahaan yang belum diluncurkan. Hal ini disampaikan langsung oleh Peterson dalam unggahan video terbarunya di YouTube pada Sabtu (28/10).



Dalam video ia juga mengaku Apple telah memintanya untuk menghapus video 'hands-on' tersebut, dan ia Peterson melakukannya. Namun, video itu terlanjur menyebar luas di Internet dan ada pihak yang mengunggah ulang di YouTube.

Jika kamu menyaksikan video viralnya Peterson, kontennya dinilai melanggar peraturan Apple karena mendokumentasikan dan mempublikasikan produk yang statusnya masih dalam tahap pengembangan dan belum rilis.

Apalagi di dalamnya juga sempat terlihat kode QR khusus untuk karyawan di perangkat iPhone X. Video juga sempat menampilkan aplikasi Notes yang berisi tulisan nama kode untuk produk Apple yang belum dirilis.

Insiden seperti ini juga pernah terjadi di Microsoft pada Juli 2005 lalu. Kala itu karyawan Microsoft dipecat setelah putranya memamerkan gambar konsol Xbox 360 yang belum resmi diluncurkan.

Ini jelas menjadi pelajaran bagi siapapun yang bekerja di perusahaan teknologi dan perusahaan lain yang terlibat dalam hal pengembangan produk. Ada beberapa hal yang tentu patut dirahasiakan, sama sekali tidak boleh diungkap demi keberlangsungan produk dan perusahaan.

Ada kalanya kita harus benar-benar bungkam, sama sekali tidak berbicara soal produk, rencana, dan perusahaan tempat kita berkarya. Apalagi jika itu diikat oleh etika.

 AGEN IBCBET

Apple Pecat Karyawan yang Anaknya Bikin Video Hands-on iPhone X Apple Pecat Karyawan yang Anaknya Bikin Video Hands-on iPhone X Reviewed by Majalah Sbobet on Minggu, Oktober 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

Inner Post AD