Header

Liputan6

Bikin Penasaran, Seperti Ini Penemuan Terbesar Abad Ke-20

Museum Pasukan Terakota di China

International DestinationsXi'an - Pasukan terakota di China, disebut-sebut sebagai penemuan terbesar abad ke-20. Terdiri dari ribuan patung, begini wujud dari pasukan terakota di Xi'an.

Museum terakota atau terracotta army terletak di Xi'an di propinsi Shaanxi, China. Museum ini jadi peninggalan Dinasti Qin yang paling berharga.

Pasukan terakota adalah patung tanah liat bakar yang ditemukan pertama kali oleh petani pada tahun 1974. Saat itu, si petani saat hendak menggali sumur.

Begitu tahu ada benda berharga, si petani langsung berlari untuk memberitahukan hasil penemuannya. Penggalian pun langsung dilakukan. Tak tanggung-tanggung, museum terakota pun didirikan bersamaan dengan penggalian.


Setelah dihitung, ada sekitar 8000 lebih pasukan terakota. Pasukan-pasukan ini pun di pusah menjadi tiga museum.

Museum pertama merupakan museum paling besar. Isinya adalah prajut terakota yang berjumlah 6000 patung. Museum kedua berisi dua ribuan yang terdiri dari patung perwira. Sedangkan museum ketiga berisi sekitar 100 patung jenderal dan pimpinan.

Alkisah, Kaisar pertama Dinasti Qin ingin tetap jadi raja saat sudah meninggal. Ia pun membuat pasukan dari tanah liat dan ikut dipendam sesaat kaisar meninggal.

Terakota dibangun 210 - 209 sm saat kaisar Qin Shi Huang masih berkuasa. Seperti ambisinya, pasukan terakota berhasil ia buat.


Pasukan-pasukan ini dikubur dengan mengarah ke Great Wall. Bukan asal-asalan, pasukan yang dikubur ke arah Great Wall bermakna siaga mempertahankan China.

Museum ini kini jadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Di ujung museum pertama masih ada pekerja yang merestorasi terraccota. Tapi pengunjung tetap dapat menikmati terakota tanpa terganggu.

Tak hanya patung terakota, di museum ini ada juga senjata tempo dulu. Senjata-senjata ini juga jadi koleksi yang menarik para pengunjung museum.

Kamu yang mau ke sini bisa membeli tiket masuk sekitar 150 yuan atau sekitar Rp 300.000. Harga ini sudah termasuk ongkos naik mobil listrik untuk berkeliling.

Suasana sekitar museum begitu sejuk dengan warna-warni bunga musim gugur. Suvenir berupa pasukan terakota yang berukuran mini pun dijual di toko-toko dekat museum. Kamu kapan ke sini?


 AGEN SBOBET

Bikin Penasaran, Seperti Ini Penemuan Terbesar Abad Ke-20 Bikin Penasaran, Seperti Ini Penemuan Terbesar Abad Ke-20 Reviewed by Majalah Sbobet on Kamis, Oktober 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

Inner Post AD