Tisu Termahal di Dunia Dibuat dari Kotoran Panda

By Angelice Onggi - Jumat, Desember 22, 2017

China membuat Kertas Tisu paling mahal di dunia dengan berbahan baku dari kotoran panda

Tisu Termahal di Dunia Dibuat dari Kotoran Panda

Mandiri88 - Agen Sbobet, Ibcbet Dengan Promo Bonus Terbesar

Berita Hari Ini ~ Siapapun akan merasa jijik dengan kotoran, entah itu kotoran manusia atau hewan. Namun di China kotoran bisa diubah jadi sesuatu yang mahal.

Di negeri tembok raksasa ini terdapat sebuah produsen tisu yang terbuat dari kotoran panda. Sekotak tisu warna putih ini dijual dengan harga sekitar 891 ribu rupiah. Fantastik bukan?

Kertas tisu dengan merek Panda Poo ini harganya berpuluh-puluh kali lipat dari harga tisu biasa.

Kertas tisu dengan merek Panda Poo




Kenapa harga tisu ini begitu mahal ?

Media setempat melaporkan, tisu yang diproses dari kotoran panda ini juga memanfaatkan sisa bambu makanan panda yang dikumpulkan dari 3 tempat peternakan panda di Sichuan, China.

Kotoran panda diperoleh dari tiga basis Balai Konservasi dan Penelitian Cina untuk Panda Raksasa, yakni di Dujiangyan, Wolong dan Bifengxia di Provinsi Sichuan. Kotoran panda umumnya dikenal sebagai 'bola hijau' di kalangan penjaga panda.

Setelah kotoran dikumpulkan, kemudian dipilih, dikukus dan disterilkan oleh pekerja untuk kemudian mengambil serat alaminya untuk membuat kertas.

Perusahaan yang menghasilkan kertas tisu itu adalah Sichuan Jianwei Fengsheng Paper, perusahaan yang berbasis di Sichuan yang memproduksi 60.000 ton kertas tisu setiap tahun.

Melihat limbah organik tersebut Pusat Penyelidikan dan Pemeliharaan Panda bekerja sama dengan pabrik tisu Sinchuan Jianwei Fengsheng menciptakan produk yang unik ini.

Karena prosesnya yang cukup rumit, mereka terpaksa menjual tisu tersebut dengan harga sangat tinggi. Tisu ini diakui kualitasnya sangat baik, beberapa negara telah memesan tisu yang eksklusif ini.

Seorang peneliti dan supervisor ( Huang Yan ) di Pusat Konservasi dan Riset Cina untuk Panda Raksasa, menjelaskan, panda dewasa bisa makan 12 sampai 15 kilogram bambu setiap hari, yang pada gilirannya akan menghasilkan sekitar 10 kilogram 'bola hijau'.

Karena panda sebenarnya kurang beradaptasi untuk mencerna, maka kotorannya terdiri dari serpihan bambu.

"Selain itu, karena panda tidak akan memakan semua daun bambu yang diberikan kepada mereka, masing-masing panda akan menghasilkan sekitar 50 kilogram limbah bambu setiap hari," kata Huang Yan, seperti yang dilansir Daily Mail pada 19 Desember 2017.



Perusahaan mengumpulkan kotoran dan limbah bambu dari pusat panda setiap 3 sampai 7 hari sekali.

Bayangkan jika satu tempat peternakan panda berisi 300 panda. Artinya satu tempat menghasilkan 3000 kilogram kotoran. Jika tiga tempat makan akan terkumpul 9000 kg kotoran panda yang dihasilkan.

Tisu bukanlah satu-satunya produk yang dihasilkan kotoran panda. Pengusaha Cina yang juga berprofesi sebagai dosen, An Yanshi telah membuat jenis teh mewah dengan kotoran panda selama enam tahun.

Pada tahun 2011, An membeli 11 ton kotoran dari pusat pengembangbiakan panda di provinsi Sichuan di barat daya Cina. Dia kemudian menggunakannya untuk wadah menanam daun teh di Ya'an, juga di Provinsi Sichuan. Tehnya dikenal dengan nama Teh Panda.

 Maxbet268 - Maxbet Indonesia Dengan Berbagai Promo Menarik

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar