Ada Lebih dari 20 Kesebelasan Bernama Arsenal

By Angelice Onggi - Jumat, Januari 12, 2018

Silsilah Sejarah Terbentuknya kesebelasan Arsenal

Ada Lebih dari 20 Kesebelasan Bernama Arsenal

Mandiri88 - Agen Sbobet, Ibcbet Dengan Promo Bonus Terbesar

Berita Olahraga ~ Tidak hanya bersejarah, Arsenal adalah salah satu kesebelasan sukses dari Inggris. Kesebelasan asal London ini berdiri sejak 1886 dan sudah mengoleksi 13 gelar divisi liga teratas sepakbola Inggris.

Berdirinya Arsenal banyak memengaruhi kesebelasan-kesebelasan lain. Kesebelasan pertama adalah AC Sparta Praha karena adanya perubahan kostum kandang pada 1906 dari warna hitam-putih menjadi warna merah seperti Arsenal.

Perubahan itu karena kunjungan Presiden Sparta pada waktu itu, Dr. Petrik, yang terkesan pada Arsenal ketika menyaksikan pertandingannya di Inggris. Petrik memutuskan untuk membawa satu set kostum Arsenal ke Praha dan memutuskan untuk mengganti kostum Sparta menjadi warna merah.

Cerita itu hampir mirip dengan Spoting Clube de Braga yang juga mengagumi Arsenal pada zaman dahulu. Braga dibentuk pada 1921 dengan warna asli hijau dan putih. Kemudian warna asli Braga diubah menjadi merah dan putih, persis seperti Arsenal pada musim 1945/46. Hal itu karena beberapa petinggi Braga merupakan pendukung Arsenal.

Jose Antunes Guimaraes selaku Presiden Braga saat itu merupakan pendukung Arsenal dan memiliki koneksi bisnis di London. Josef Szabo yang merupakan pelatih Braga pada saat itu pun menyukai gaya permainan Arsenal setelah kunjungannya ke Stadion Highbury. Bahkan Braga sampai menamakan akademinya menjadi Arsenal de Braga. Faktor-faktor itu jugalah yang membuat Braga mendapatkan julukan Arsenalistas (Si Pendukung Arsenal).

Di sisi lain, banyak kesebelasan sepakbola di belahan dunia ini yang menamakan klubnya Arsenal. Pertanyaannya adalah, apakah semua kesebelasan itu terinspirasi oleh Arsenal dari Liga Inggris itu? Jawabannya bisa ya dan bisa tidak.



Silsilah Sejarah Terbentuknya kesebelasan Arsenal


Nyatanya, Arsenal itu adalah kata universal yang memiliki arti "gudang senjata". Arsenal di Inggris sendiri merupakan kesebelasan pertama di dunia yang dibentuk oleh pekerja-pekerja gudang senjata. Awalnya Arsenal bernama Dial Square yang dibentuk oleh para pekerja gudang senjata di Woolwich pada 1 Desember 1886.

Lalu nama Dial Square berubah menjadi Royal Arsenal mengingat dibentuk di kompleks gudang senjata. Kemudian nama kembali berubah menjadi Woolwich Arsenal pada 1891 karena dibentuk di daerah Woolwich, London Tenggara. Barulah kata Woolwich dihapus karena kesebelasan itu pindah ke wilayah Utara. Perpindahan itu membuat kesebelasan itu menggunakan nama Arsenal saja.

Soal pergudangan senjata dan militer jugalah yang membuat beberapa kesebelasan lain yang memakai nama Arsenal. Di Montenegro contohnya, ada kesebelasan dengan nama FK Arsenal Tivat. FK Arsenal adalah kesebelasan sepakbola tertua kedua di Montenegro setelah FK Lovchen.

Awalnya, FK Arsenal didirikan dengan nama FK Orjen pada 1914. Kemudian bergabung dengan FK Zrinjski sehingga memiliki nama baru yaitu FK Arsenal. Penggunaan nama Arsenal berasal dari fasilitas perbaikan angkatan laut di Tivat yang bahasa sehari-harinya dikenal sebagai Arsenal.

Gudang senjata juga menjadi cikal bakal dibentuknya Arsenal Kyiv di Kiev. Kesebelasan itu dibentuk pada era Uni Soviet oleh para pekerja pabrik senjata di Kiev pada 1925 sebelum Perang Dunia II.

Penggunaan nama Arsenal karena keberadaan gudang senjata tidak hanya di Benua Eropa saja, tapi juga terjadi di Benua Amerika Selatan. Kesebelasan tersebut adalah Arsenal de Sarandi dari Argentina. Kesebelasan itu didirikan oleh dua laki-laki bersaudara bernama Hector dan Julio Humberto Grodona. Mereka mendirikan Arsenal de Sarandi di kawasan gudang senjata militer Argentina sehingga mengilhami nama Arsenal.

Negara lain di kawasan Amerika Latin lainnya pun memiliki kesebelasan yang mengadopsi nama Arsenal. Kesebelasan itu bernama Associacao Desportiva Arsenal de Caridade dari Brasil. Namun kesebelasan ini tidak ada sangkut pautnya dengan gudang senjata, melainkan memang terinspirasi dari Arsenal di Inggris.

Logo kesebelasan Caridade pun sangat mirip dengan Arsenal. Hanya saja ditambah warna kuning sebagai bagian dari warna Brasil. Tapi Arsenal de Caridade ini merupakan kesebelasan sepakbola untuk amal, bukan klub profesional untuk berkarier di Serie A Brasil. Beda halnya dengan SV Arsenal yang benar-benar berkarir di Liga Suriname dan kesebelasan ini terinspirasi dari Arsenal di Inggris.

Masih banyak lagi kesebelasan lainnya yang mengadopsi nama Arsenal, seperti Berekum Arsenal di Ghana yang pembentukan kesebelasannya terinspirasi oleh Arsenal-nya Liga Inggris.

Welcome to Arsenal Football Club


Sementara yang lainnya hanya memiliki kesamaan nama, tapi tidak terinspirasi secara langsung, seperti misalnya kesebelasan-kesebelasan berikut ini yang diurutkan berdasarkan tahun terbentuknya: Arsenal Ceska Lipa (di Republik Ceko), Arsenal Helsinki (Finlanida), Club Atlético Arsenal de Llavallol (Argentina), ASV Arsenal (Belanda), Arsenal de Roatán (Honduras), Banat Arsenal (Amerika Serikat), Arsenal-Kyivshchyna Bila Tserkva (Ukraina), dan Arsenal Atividades (Brasil).

Kemudian ada tiga kesebelasan bernama serupa lainnya, yaitu Arsenal Club Petit-Bourg (Guadeloupe), Arsenal Khabarovsk (Rusia), Arsenal (Australia), Arsenal Clube da Devesa (Portugal), dan Arsenal de Viale (Argentina) yang tidak diketahui kapan berdirinya.

Selain Sparta Praha dan Braga yang kostumnya terinspirasi dari Arsenal, ada lebih dari 20 kesebelasan dengan nama Arsenal yang tersebar di seluruh penjuru dunia, kecuali di konfederasi Asia dan Oseania, atau ada yang tak terdata atau tak diketahui eksistensinya karena belum berstatus profesional.

Sebenarnya, tidak hanya mereka, kesebelasan lain seperti Juventus, Barcelona, atau Valencia juga menjadi nama yang cukup banyak dipakai oleh sejumlah kesebelasan di belahan negara lain. Tapi tidak seperti Arsenal yang memiliki arti universal, tiga kesebelasan tersebut benar-benar menjadi inspirasi kesebelasan di belahan dunia lain dalam menamai kesebelasan mereka.

 Maxbet268 - Maxbet Indonesia Dengan Berbagai Promo Menarik

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar