Mark Zuckerberg Rugi Rp44 Triliun Gara-Gara Rombak Facebook

By Angelice Onggi - Selasa, Januari 16, 2018


News InternasionalMENLO PARK – Belum lama ini CEO FacebookMark Zuckerberg mengumumkan rencananya untuk merombak Facebook. Namun siapa sangka keputusannya itu membuat kekayaan pribadi Zuckerberg merosot.

Perombakan Facebook membuat Zuckerberg merugi hingga USD3,3 miliar atau sekira Rp44 triliun dengan penurunan kekayaan pribadi CEO-nya sebesar 4,4%.

Setelah Zuckerberg mengumumkan kebijakannya untuk Facebook, nilai saham perusahaan merosot 4%. Saat itu, saham Facebook diperdagangkan pada USD179,37, turun lebih dari 4,4% ketimbang hari sebelumnya yakni sebesar USD187,77.

Mengutip Forbes yang telah menghitung kekayaan pribadi Zuck, bos Facebook itu kehilangan USD3,3 miliar sebagi dampak dari penurunan saham perusahaan.

Bukan tanpa alasan Zuck merombak news feed Facebook. Dalam sebuah posting-an Facebook, Zuck menjelaskan alasan dibalik keputusannya itu.

Ia mengatakan bahwa dirinya ingin agar situsnya memprioritaskan posting-an dari teman dan keluarga ketimbang kepentingan bisnis dan brand.

Belakangan Facebook memang menanggapi kritik bahwa media sosial membuat orang merasa lebih buruk, sebagaimana hasil penelitian. Penelitian itu menyebutkan jika pengguna memanfaatkan jejaring sosial dengan baik dan benar akan memperbaiki kehidupan, dan membuatnya lebih nyaman. Sementara jika digunakan dengan salah, pengguna akan merasa kesepian dan terisolasi.

Berdasarkan hal tersebut, Zuckerberg kemudian mengubah strateginya kepada tim produk Facebook untuk berfokus membantu menemukan konten yang relevan demi membantu pengguna berinteraksi sosial lebih dekat.


“Kami membangun Facebook untuk membantu orang tetap terhubung dan mendekatkan kita dengan orang-orang yang penting bagi kita,” ujar Zuck.

“Tapi kami mendapat tanggapan bahwa konten publik – posting dari bisnis, brand dan media, memenuhi momen pribadi yang membuat kami terhubung satu sama lain,” imbuhnya.

Sayangnya hal tersebut menimbulkan reaksi negatif dari pasar, setidaknya dalam jangka pendek. Meski begitu beberapa analis mengatakan bahwa perombakan Facebook akan berdampak positif bagi perusahaan dalam jangka panjang.

Analis Mark Mahaney misalnya kepada Bloomberg mengatakan bahwa membuat news feed lebih relevan bisa meningkatkan pertumbuhan pengguna dan keterlibatan mereka seiring waktu.

“Kami yakin perubahan ini akan berguna bagi Facebook dalam jangka menengah dan jangka panjang,” ujarnya.

Kekayaan Zuckerberg sendiri masih senilai USD72,4 miliar walaupun ia kehilangan USD3,3 miliar karena keputusannya. Demikian seperti dilansir Independent, Senin (15/1/2018).

 AGEN SBOBET

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar