Turnamen Antar Klub Satu-satunya di ASEAN, Mekong Club Championship

By Angelice Onggi - Senin, Januari 08, 2018

Kiri ke kanan: Para juara Mekong Club Championship, Muangthong United (2017), Buriram United (2015 & 2016), dan Becamex Binh Duong (2014).

MAJALAH BOLASungai Mekong, sungai terpanjang di Semenanjung Asia Tenggara ini melintasi lima negara yakni Myanmar, Thailand, dan tiga negara eks Indo-China yaitu Laos, Kamboja, dan Vietnam. Sungai Mekong seolah menyatukan hubungan lima negara tersebut dalam hal sepak bola sehingga lahirlah turnamen antar klub dari negara-negara yang dilintasi sungai itu dengan tajuk Mekong Club Championship (MCC) pada 2014.

Becamex Binh Duong menjuarai Mekong Club Championship 2014 setelah mengalahkan Ayeyawady United, 4-1 di Thu Dau Mot, Vietnam (2/11/2014).

Di edisi perdananya, MCC diikuti para klub juara dari empat negara, minus juara Liga Thailand 2014, Buriam United yang absen lantaran padatnya jadwal.

Hadir sebagai juara pada edisi perdana MCC yakni juara Liga Vietnam 2014, Becamex Binh Duong.

Buriram United menjuarai Mekong Club Championship 2015 setelah mengalahkan Boeung Ket Angkor FC, 1-0 di Bangkok (20/12/2015).

Pada MCC 2015, turnamen yang menganut format seperti Piala Dunia Antarklub FIFA itu diikuti oleh lima negara.

Dengan hadirnya perwakilan klub dari Thailand, MCC 2015 diikuti oleh semua negara yang dilintasi Sungai Mekong.

Tampil sebagai juara yakni Buriram United dengan mengalahkan wakil Kamboja, Boeung Ket Angkor di final.

Buriram hadir di MCC 2015 dengan status sebagai juara Piala Liga Thailand 2015, sementara peserta lainnya datang dengan status sebagai juara liga.

Buriram United menjuarai Mekong Club Championship 2016 setelah mengalahkan Lanexang United dengan agregat 2-1, di Pathum Thani (8/1/2017).

Pada MCC 2016, Buriram kembali menjadi juara setelah mengalahkan juara Liga Laos, Lanexang United, pada partai final yang diadakan sebanyak dua leg.

Di MCC 2016, hanya Thailand dan Vietnam yang tidak mengrimkan juara liganya.

Thailand diwakili juara Piala Liga, Buriram United dan Vietnam diwakili peringkat ketiga V.League, SHB Da Nang.

Muangthong United menjuarai Mekong Club Championship setelah mengalahkan Sanna Khanh Hoa dengan agregat 7-1, di Bangkok (6/1/2018).

Di MCC musim ini, lagi-lagi wakil Thailand yakni Muangthong United tampil sebagai juara MCC 2017.

Di partai final, Muangthong United mengalahkan peringkat enam Liga Vietnam, Sanna Khanh Hoa dengan agregat 7-1.

Pada musim ini, untuk pertama kalinya perwakilan dari Myanmar absen di MCC.

“Kami sangat bahagia, ini adalah awal yang baik di tahun yang baru. Bagi kami turnamen ini kami anggap sebagai ajang pra-musim sebab kamiakan berlaga di babak kualifikasi Liga Champions Asia,” ujar pelatih Muangthong United, Totchtawan Sripan di situs resmi MCC, toyotamekongfootball.com.

Di babak kualifikasi Liga Champions Asia, Muangthong akan menghadapi pemenang dari laga Bali United kontra Tampines Rovers.

 AGEN SBOBET

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar