Tips Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak Dengan Usai

By Angelice Onggi - Sabtu, April 14, 2018


Info Kesehatan, Jakarta Tersedak dapat menghalangi saluran napas. Saluran napas terhambat sehingga seseorang kesulitan bernapas. Secara refleks, saat tersedak seseorang bisa batuk-batuk.

Bagi Anda yang melihat seseorang tersedak, pertolongan pertama menjadi tindakan utama yang bisa dilakukan. Saat ditemui konferensi pers "Jakarta Medical Doctor Forum 2018" di The Atjeh Connection Restorant & Cafe, Sarinah, Jakarta, Dokter spesialis akupunktur Kemas Abdurrohim memberikan penjelasan teknik pertolongan pertama.

"Pertolongan pertama saat tersedak tergantung usia. Biasanya yang sering tersedak itu kan anak-anak. Caranya dipeluk, kemudian ditepuk-tepuk punggungnya. Kalau orang yang sudah dewasa, dipeluk lalu diangkat sedikit tubuhnya," jelas Kemas pada Jumat (13/4/2018).

Tubuh seseorang yang diangkat sedikit bertujuan ada napas dari bawah yang mendorong benda asing (sumber tersedak) ke luar (ke atas mulut).

Saksikan juga video menarik berikut:



Sebabkan kematian



Kemas menambahkan, pertolongan pertama tersedak mungkin terlihat sederhana. Namun, pertolongan tersebut sebenarnya harus melalui pelatihan yang tepat.

"Harus ada pelatihannya dulu. Kalau terlambat bisa menyebabkan kematian," tambah Kemas, yang sehari-hari berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Kencana, Jakarta.

Tersedak yang biasa dialami anak-anak berupa tersedak kelereng atau uang logam. Mereka tak menyadari saat memainkan benda itu dapat membuat tersedak.

 AGEN SBOBET

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar