1 Korban Kecelakaan Kapal Cepat Anugrah Masih Hilang

By Angelice Onggi - Sabtu, Juni 23, 2018

Ilustrasi kapal tenggelam (AFP Photo)
Berita Regional,  Medan - Kecelakaan yang dialami Kapal Motor Ramos Risma Marisi di Danau Toba, Sumatera Utara, terjadi akibat tidak memenuhi standar operasional pelayaran. Akibatnya, 5 orang menjadi korban, 4 selamat dan 1 dinyatakan hilang.

Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, KM Ramos Risma Marisi mengalami kecelakaan di Danau Toba pada Jumat, 22 Juni 2018, sekitar pukul 19.00 WIB.

Kapal kecelakaan usai mengantar penumpang dari Pulau Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara l, ke Pelabuhan di kawasan Nainggolan, Kabupaten Samosir.

"Setelah menurunkan penumpang di pelabuhan nainggolan, kapal kembali ke Sibandang dengan kondisi lampu kapal tidak ada," kata Tatan, Sabtu (23/6/2018).

Saat kecelakaan, 5 orang yang berada di kapal Joifan Situmorang, Sahat Simorangkir, Jolom Sipayung, Ama Monang Lumban Raja, dan Rahmat Dani. Untuk Rahmat Dani msihbdinytakan hilang, dan empat nama lainnya selamat.

Tatan menjelaskan, tiba-tiba saat dalam perjalanan pulang, kapal menabrak bambu yang ada di tengah danau. Kemudian Ama Monang Lumban Raja menyuruh Jaifan Situmorang dan Rahmat Dani masuk ke dalam air untuk melihat kipas kapal.

"Saat itu kondisi kapal sudah terdampar sampai ke Pinggir Danau. Kondisi mesin kapal mati, Jaifan dan Rahmat mendorong kapal sambil berenang. Tiba-tiba arus kencang dan membawa kapal dan mereka berdua ke tengah danau," sebutnya.

Saat itu kedua korban mencoba menyelamatkan diri. Namun Joifan Situmorang yang berhasil selamat sampai ke pinggir danau. Dari pengakuan Joifan Situmorang kepada petugas, Rahmat Dani tidak bisa menyelamatkan diri karena kelelahan.

"4 orang selamat langsung dievakuasi ke Puskesmas setempat. Kapal Motor Ramos Risma Marisi sudah ditarik ke Palabuhan Nainggolan. Pencarian korban yang hilang masih dilaksanakan oleh personel Polres Samosir dan masyarakat," terang Tatan.

Sebelumnya pada Senin, 18 Juni 2018, kecelakaan juga terjadi di Danau Toba. Saat itu Kapal Motor Sinar Bangun yang diduga membawa sekitar 180-an penumpang tenggelam. 21 korban telah dievakuasi, 18 selamat dan 3 meninggal dunia.

Saksikan video pilihan berikut ini:




 AGEN SBOBET

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar