Putin: Rusia Siap Menjadi Tuan Rumah G7 Di Moskow

By Angelice Onggi - Selasa, Juni 12, 2018

Presiden Rusia Vladimir Putin

AGEN SBOBET,Moskow - Rusia tidak mengambil pilihan untuk meninggalkan G7, bahkan negara itu senang jika dipilih menjadi tuan rumah pertemuan KTT selanjutnya di Moskow.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Minggu, saat ditanya terkait saran dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa Rusia seharusnya menghadiri pertemuan terakhir KTT yang berakhir kontroversial.

Trump menyampaikan pada Jumat lalu, Rusia seharusnya menghadiri KTT G7 yang digelar di Kanada selama akhir pekan kemarin.

Perlu diketahui, Rusia terdorong keluar dari G8 pada saat itu, karena aneksasi Krimea Ukraina pada empat tahun silam.

"Kami tidak (memilih untuk) meninggalkannya, rekan kami menolak untuk datang ke Rusia karena sejumlah alasan, namun kami akan senang melihat semua orang ada di sini, di Moskow," kata Putin kepada wartawan dalam sebuah briefing di kota Qingdao di Tiongkok.

KTT G7 kemarin berakhir dalam perselisihan pada hari Sabtu lalu, saat Trump bentrok dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Trump mengatakan pada Maret lalu bahwa ia dan Putin akan segera bertemu, namun kemudian hubungan antara kedua negara semakin memburuk, ditambah lagi dengan adanya konflik di Suriah dan serangan racun terhadap mata-mata Rusia di Inggris.

Rusia pun mengeluh bahwa upaya untuk mengatur pertemuan itu tampaknya telah membeku.

Putin menjelaskan pada hari Minggu, dirinya berpikir terkait pentingnya bertemu dengan Trump untuk mendiskusikan perlombaan persaingan senjata yang berkembang antara Rusia dan AS.

Menurutnya, hal itu perlu untuk didiskusikan oleh pejabat kedua belah pihak.

Ia kemudian menyebutkan, banyak negara Eropa telah menawarkan bantuan untuk mewujudkan pertemuan tersebut.

Sebelumnya Putin juga mengaku telah memperingatkan Eropa tentang ancaman perdagangan yang diajukan AS kepada mereka.

Selain itu ia juga menilai jika Trump memberlakukan tarif baru atas impor mobil asing, maka akan ada konsekuensi serius bagi ekonomi global, khususnya bagi Eropa.

Trump pun saat ini tengah berada di Singapura untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un pada Selasa esok.

 AGEN SBOBET

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar